Senin, 09 Oktober 2017

Sembelit atau dalam istilah medis disebut konstipasi. Penyakit ini merupakan suatu gejala dengan frekuensi buang air besar yang jarang (tiga kali atau kurang dalam seminggu), kesulitan buang air besar akibat feses yang keras, diperlukan usaha mengejan yang berlebih saat buang air besar atau adanya sensasi tidak tuntas setelah buang air besar. Sembelit merupakan suatu gejala, bukan suatu penyakit.
Dengan kata lain, sembelit merupakan suatu keadaan di mana buang air besar tidak normal, baik frekuensi maupun konsistensi feses. Namun, karena keadaan “normal” buang air besar tiap orang sangat beragam, sangat sulit untuk dapat menerapkan definisi yang sama pada setiap orang.
Ada beberapa orang dengan konstipasi mempunyai frekuensi buang air besar satu kali setiap hari, namun mengeluhkan perlunya usaha mengejan yang berlebih saat buang air besar bahkan bisa terasa sakit saat buang air besar, atau merasa perutnya selalu terasa penuh. Persepsi mengenai feses yang keras atau mengejan secara berlebihan sulit untuk dinilai secara objektif dan seringkali dibutuhkan pemeriksaan lebih lanjut bahkan dengan menggunakan obat pencahar untuk menentukan seseorang mengalami sembelit. Faktor psikososial dan budaya juga penting untuk diperhatikan. Seseorang yang orang tuanya menekankan pentingnya buang air besar setiap hari, akan lebih sadar akan keadaan sembelit apabila ia tidak buang air besar hari itu; atau anak-anak yang seringkali menahan buang air besar karena takut adanya nyeri dari anusnya; dan ada beberapa orang seringkali tidak menghiraukan bahkan menunda untuk buang air besar.
(c) Laurent Hamels Fotolia.com
Hampir setiap orang pernah mengalami sembelit. Hampir sebagian besar, sembelit bersifat sementara dan tidak berbahaya. Namun, kita harus tetap waspada dan perlunya mengetahui penyebab, pengobatan bahkan yang lebih baik lagi adalah pencegahannya.

PENYEBAB

Untuk mengetahui penyebab sembelit, perlu diketahui bagaimana usus bekerja. Usus besar bekerja dengan menyerap hampir sebagian besar air dari feses dan mengubahnya menjadi kotoran yang padat, kemudian dengan pergerakan usus, feses akan  ke rektum dan anus. Konstipasi terjadi ketika feses terlalu lama di dalam usus besar sehingga usus besar menyerap terlalu banyak air dan feses menjadi keras dan kering.
Beberapa gaya hidup dapat menyebabkan konstipasi seperti:
  • Makan makanan rendah serat;
  • Kurang aktivitas fisik, terutama pada orang tua yang sangat terbatas aktivitas fisiknya. Selain itu pada usia tua, metabolisme bekerja lebih lambat begitu pula dengan aktivitas usus;
  • Adanya perubahan kegiatan rutinitas, terutama saat sedang bepergian. Waktu makan, waktu tidur, maupun waktu untuk buang air besar ikut berubah;
  • Tidak mengindahkan keinginan untuk buang air besar;
  • Banyak stres pikiran;
  • Tidak minum yang cukup (dehidrasi);
  • Minum suplemen kalsium atau zat besi;
  • Minum obat-obatan seperti penghilang rasa sakit, obat-obat antidepresi, dll. ;
  • Penggunaan obat pencahar secara berlebihan. Obat pencahar dapat menciptakan suatu kebiasaan (habit-forming), sehingga ketika tidak mengkonsumsinya dapat meningkatkan risiko terjadinya sembelit.

Beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan konstipasi:
  • Kehamilan atau setelah melahirkan;
  • Adanya masalah dengan otot atau persarafan di usus, rektum , atau anus (Mutiple sclerosis, Parkinson, stroke);
  • Irritable bowel syndrome, suatu kondisi di mana saraf yang mengontrol otot-otot di usus tidak berfungsi dengan baik, usus menjadi lebih sensitif terhadap makanan, feses, gas, dan stres;
  • Diabetes, suatu kondisis di mana seseorang mempunyai kadar gula darah yang tinggi karena tubuh tidak mampu menggunakan gula darah sebagai energi;
  • Hipotiroid, suatu kondisi di mana kelenjar tiroid tidak mampu memproduksi hormon yang cukup sesuai dengan kebutuhan tubuh dan banyak fungsi tubuh yang menurun, termasuk fungsi usus;
  • Kanker usus besar atau akibat pengobatan kanker itu sendiri.

GEJALA

Sembelit/ konstipasi dapat dibagi menjadi 3:
  1. Konstipasi dengan pergerakan usus yang normal (disebut juga dengan konstipasi fungsional)
Penderita dengan konstipasi ini mempunyai frekuensi buang air besar yang normal, namun pasien merasa mereka sembelit. Pada grup ini, sembelit diartikan sebagai kesulitan untuk buang air besar akibat feses yang keras. Pasien merasakan kembung, nyeri perut atau tidak nyaman pada perut, dan mereka menunjukkan stress secara psikososial. Pada grup ini, sembelit berespon terhadap terapi makanan berserat saja atau dengan tambahan obat pencahar. 
  1. Konstipasi akibat gangguan otot-otot anus
Konstipasi pada grup ini karena gangguan fungsi pada otot-otot dasar panggul atau sfingter anus. Pada grup ini dapat disebabkan karena kelainan struktur anatomi tubuh, seperti intususepsi.
  1. Konstipasi dengan pergerakan usus yang lambat
Tipe ini sering terjadi pada wanita usia muda di mana frekuensi buang air besarnya jarang (satu kali seminggu atau kurang). Kondisi tersebut dapat terjadi pada saat pubertas. Gejala yang menyertai adalah jarangnya keinginan untuk buang air besar, kembung dan sering buang gas, dan nyeri perut atau tidak nyaman pada perut. Pada grup ini, faktor makanan dan budaya ikut berperan. Pasien ini kurang berespon terhadap konsumsi makanan berserat dan obat pencahar.  Pasien ini memiliki waktu pengosongan usus besar yang lebih lambat dan pergerakan usus yang lebih lambat setelah orang tersebut makan, di mana seharusnya bila seseorang makan justru dapat memicu pergerakan usus besar. Pergerakan usus yang lambat ini bisa juga disebabkan karena konsumsi obat-obatan.

PENGOBATAN

Hal yang paling penting adalah mencari tahu penyebab dari sembelit itu sendiri dan mengobati penyakit yang mendasarinya apalagi pada orang yang memiliki gejala sembelit berulang.
Meningkatkan konsumsi cairan, makanan berserta tinggi, tidak menunda waktu untuk buang air besar dan aktivitas fisik dapat membantu menghilangkan gejala sembelit. Namun, bila gejala sembelit sudah berlangsung lama dan tidak ada perubahan dengan meningkatkan konsumsi cairan, makanan berserat tinggi serta aktivitas fisik, berarti gejala sembelit ini dapat merupakan bagian dari penyakit lain yang membutuhkan pengobatan lebih lanjut. Pengobatan yang diberikan adalah obat pencahar (laksatif). Penggunaan laksatif ini harus sesuai dengan indikasi dan petunjuk dokter karena laksatif ini dapat membentuk kebiasaan (habit-forming), bila tidak dikonsumsi justru dapat menyebabkan sembelit kembali berulang bila penggunaannya tidak tepat atau berlebihan. Bahkan ada beberapa penyakit yang justru tidak diperbolehkan penggunaan laksatif. Oleh karena itu, penting sekali lagi untuk mengetahui penyebab dari sembelit sebelum melakukan pengobatan.
Laksatif / obat pencahar ada beberapa macam, yaitu:
  1. Stimulan : obat ini merangsang pergerakan usus secara ritmik;
  2. Lubrikan : obat ini membantu supaya feses lebih mudah bergerak di dalam usus besar. Obat ini terdiri dari mineral dan minyak;
  3. Pelunak feses ;
  4. Suplemen serat;
  5. Osmotik: memfasilitasi pergerakan cairan di dalam usus besar sehingga tidak terlalu banyak yang diserap, feses menjadi lebih lunak;
  6. Saline laksatif.
Sumber:http://www.kerjanya.net/faq/6552-sembelit.html

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © PENGETAHUAN - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -